MASALAH YANG SERING TIMBUL PADA HASIL CETAK OFFSET





MASALAH YANG SERING TIMBUL PADA HASIL CETAK OFFSET

1.      Ghosting

         Ghosting adalah bayangan yang tampak di daerah cetakan. Hal inidapat disebabkan karena beberapa faktor antara lain; emulsifikasi tinta, dan ketidak seimbangan air dan tinta .

2.      Hickies

         Hickies yaitu adanya bekas noda seperti cincin muncul pada daerahgambar hasil cetakan. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor antara lain, karena endapan tinta yang masuk kedalam bak tinta.

3.      Miss register

         Miss register adalah ketidaktepatan cetak antara warna yang satu dengan yang lain. Hal tersebut dikarenakankertas yang mengemban, film separasi yang tidak register dan lain-lain.

4.      Moire

         Moire adalah suatu efek yang terjadi pada suatu gambar cetakan yang di tandai dengan munculnya suatu pola seperti tikar akibat perbedaan sudut gridhalftone yang tidak tepat. Selain itu juga di sebabkan saat melakukan scanning model cetakan. Untuk mengatasinya pada saat scanning aktifkan pilihan "descreening" pada software scanner tersebut atau istilah lain sering d sebut "defocus".                                                                                                                                                                                                                       

5.      Dot Gain

          DotGain adalah selisih perbedaan antara lain nilai halftone/dot pada film/plat terhadap nilai haftone dotpada cetakan (pembesaran titik raster).gain pada cetakan merupakan hal yang wajar, tetapi nilai dotgainnya harus sesuai dengan ketentuan yang ada.
           Idealnya untuk cetak offset besarnya dotgain pada kertas art paper adalah sekitar 15-20% dititik 50%, untuk kertas koran sekitar 30% di titik 50%. Biasanya dotgain paling terbesar terjadi pada bagian middel tone.Dotgain yang terlalu besar akan mengakibatkan gambar menjadi lebih gelap. Penambahan tinta yang melebihi standart densiti juga dapat mengakibatkan dotgain.


                                                Proses Finishing
              Setelah desain selesai di cetak, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah proses finishing. Proses finishing tergantung kebutuhan, berikut adalah proses finishing yang biasa dilakukan setelah selesai proses cetak.

Contoh proses finishing pada cetak offset
  •   Memotong Kertas

  •  Hot print

  •   EMBOSS 

           (Prose ini memberikan efek timbul ataupun tenggelam pada gambar ataupun tulisan yang telah di cetak.)
  •  Laminating

           (Melapisi kertas dengan plastik khusus sehingga membuat hasil cetakan menjadi lebih mengkilap, lebih halus, dan membuat kertas menjadi tahan gores.)
  •  POND/PLONG

           (Memotong kertas sesuai dengan bentuk kertas yang di desain. Misalnya pada ukung kertas sobat potong bentuknya menjadi bergelombang dan lain sebagainya)
  •  Melipat

  • DLL.

Komentar

  1. Do you realize there's a 12 word phrase you can tell your man... that will induce deep feelings of love and impulsive attraction to you deep inside his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, please and protect you with all his heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Love Response

    This instinct is so hardwired into a man's brain that it will make him work better than ever before to to be the best lover he can be.

    In fact, triggering this dominant instinct is absolutely mandatory to achieving the best possible relationship with your man that the moment you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will immediately find him open his mind and heart for you in such a way he haven't expressed before and he will recognize you as the only woman in the world who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vertical Speed Indicator (VSI)

Pitot Static System

TINTA CETAK ROTOGRAVURE