Pitot Static System

Pitot Static System 

Pitot Static System adalah salah satu sistem didalam pesawat terbang yang terpasang mulai dari pesawat yang paling sederhana sampai pesawat yang paling modern.
            Sistem Pitot statik terdiri dari:

  1. Pitot tube
  2. Statik Vent
  3. Air speed indicator
  4. Vertical speed indicator
  5. Altimeter
  6. Machmeter (hanya terdapat pada pesawat jet)
1.  Pitot Tube/Pitot Head 
Gb. Pitot System
Jenis-jenis tekanan udara yang terjadi pada pitot head adalah :
            a. Pitot Pressure: disebut juga tekanan dinamis/dinamic pressure, ram pressure, impact pressure.
            b. Static pressure: disebut juga ambient pressure, atmospheric pressure.

Pada pitot head terdapat pitot tube yang berada diujung depan dan static holes yaitu lubang-lubang untuk menghubungkan udara dengan saluran-saluran didalam sistem. Untuk mencegah masuknya tekanan dinamis melalui lubang statis maka lubang harus tegak lurus dengan arah aliran udara. Pada pitot head juga terdapat heating element untuk mencegah tertutupnya lubang-lubang pitot head oleh es, selain itu terdapat juga water trap untuk mencegah masuknya air kedalam sistem.                                                                                                                                                                                                          Gb. Pitot Head

2. Static Vents

         Bila tekanan statis atau tekanan atmosfer yang ada pada lubang-lubang statis pada pitot head maka akan ada udara dengan tekanan udara yang masuk melalui lubang tersebut sehingga mengakibatkan kesalahan-kesalah dalam pengukuran.
Pada Lubang pada static vent harus selalu dalam keadaan terbuka untuk menghindari tidak berfungsinya vertical speed indicator maupun vertical speed indicator, hal ini agar tekanan atmosfir dapat masuk. Pada pesawat kecil/ringan static vent dibuat sangat sederhana yaitu dengan membuat lubang-lubang pada sisi samping (fuselage skin) ditubuh pesawat terbang. 



                                                             Gb. Static Vents


3. Sistem Pemanas Pada Pitot Head
            Pitot head dilengkapi alat pemanas (pitot heater) yang terbuat dari elemen pemanas yang diletakan dibagian dalam dari pipa pitot. Fungsinya adalah untuk mencegah tertutupnya lubang-lubang pipa pitot akibat dari pembentukan es.
           Pada penunjukan indicator, jika heater bekerja normal maka lampu indicator berwarna amber akan menyala, jika pitot heater tidak bekerja maka lampu indicator berwarna merah yang menyala.     

4.  Cara Penempatan Pipa Pitot Dan lubang statis
        Pitot head/pitot tube selalu diletakkan dibagian luar pesawat yaitu biasanya dipasang dibagian bawah sayap atau depan sayap (leading edge). Pitot head harus dipasang sejajar dengan poros longitudinal pesawat dengan lubangnya menghadap kedepan atau kearah dari mana udara datang mengalir. 
        Sedangkan static vent (lubang statis) dipasang pada bagian samping badan pesawat (fuselage skin), hal ini untuk memperkecil adanya tekanan dinamis yang disebabkan gerakan yawing dari pesawat.

5. Mengetes Kebocoran Pada Pipa Tekanan Pitot Dan Statik 
Pengetesan pipa pitot digunakan suatu alat tester (pressure & vacuum tester) dengan cara pengetesan khusus. Jika conector pada tester telah betul maka diberikan tekanan perlahan-lahan dengan menggunakan pump pada tester tersebut sampai tester indikator terbaca 130 Knot, setelah itu kita berhenti memompanya sampai indikator menjadi 125 knot .Untuk inspeksi sistem pitot, pipa pitot harus diperiksa apakah lubang pembuangan, lubang pitot dan lubang statik tidak rusak. Jika pipa pitot dilengkapi dengan elemen pemanas, maka arus yang mengalir pada pemanas ini harus kita lihat, dengan ketentuan jika elemen pemanas yang digunakan:
12 Volt = 10 – 10,83 A
24 Volt = 5 – 5,416 A
Untuk pengecekan isolasi antara kawat penghantar dengan frame dari pitot head harus dilakukan: pitot heater switch dalam keadaan On sampai heater panas dengan menggunakan tegangan 500V, dan besar tahanan harus lebih dari 20 MOhm .
Gb. Diagram skematik vaccum tester


Komentar

  1. Did you realize there is a 12 word sentence you can tell your partner... that will trigger deep feelings of love and impulsive appeal to you buried within his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, look after and guard you with his entire heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Desire Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's brain that it will drive him to work better than ever before to take care of you.

    Matter of fact, triggering this all-powerful instinct is absolutely binding to having the best possible relationship with your man that as soon as you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will soon find him expose his heart and mind for you in a way he's never experienced before and he'll recognize you as the only woman in the galaxy who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vertical Speed Indicator (VSI)

TINTA CETAK ROTOGRAVURE