Airspeed Indicator (ASI)

Airspeed Indicator (ASI)

             Untuk mengetahui/menunjukkan kecepatan gerakan pesawat terbang terhadap udara sekelilingnya. Airspeed Indacator (ASI) menggunakan Pitot Static System sebagai sumber tenaga penggeraknya. Skala penunjukkan Indicator dinyatakan dalam satuan “KNOT” atau “MPH”.
Keterangan :
     1 KNOT = 1 Nautical Mile Per Hour (ukuran Mil Laut)
                    = 1,15 Mile Per Hour (MPH) → 1 MPH = 1,609 KM/H
                    = 6.080 Feet Per Hour 
Hasil gambar untuk Airspeed Indicator (ASI)Cara Kerja Airspeed Indicator (ASI)
    Gambar terkait
  • Sebuah membran/Diaphragma dalam Indicator dihubungkan dengan Pitot Tube melalui saluran udara dinamis/Air Pressure Dynamic Line. Apabila pesawat bergerak maju, maka tekanan udara dinamis masuk melalui lubang Pitot Tube, sehingga menyebabkan membran/Diaphragma mengembang. Mengembang dan mengempisnya Diaphragma sesuai dengan besar kecilnya tekanan dinamis yang masuk melalui Pitot Tube.
  • Gerakan mengembang dan mengempisnya Diaphragma, diteruskan melalui sebuah tuas/tangkai yang akan memutar poros bergigi/Rocking Shaft, selanjutnya menggerakkan sektor bergigi.
  • Sektor bergigi akan menggerakkan jarum penunjukkan pada Indicator.
Kesalahan-Kesalahan Pada Airspeed Indicator/ASI.
1) Instrument Error :
         Adalah kesalahan yang disebabkan oleh kurang sempurnanya sistem transmisi atau peralatan penggerak dalam Indicator.
2) Position Error / Installation Error :
        Adalah kesalahan yang disebabkan oleh posisi/kedudukan Pitot Tube tidak menghadap penuh ke arah aliran udara. Sehingga tekanan dinamis tidak sepenuhnya masuk kedalam Pitot Tube. Keadaan ini terjadi bila pesawat naik/Climbing, turun/Descending dan pada saat Low Speed/kecepatan rendah
3) Compressibility Error :
        Adalah kesalahan yang disebabkan oleh kecepatan pesawat yang terlalu tinggi. Pada kondisi ini, terjadi pemampatan udara/Compression di dalam rongga-rongga Pitot Tube.
Pada kecepatan di bawah 250 Knots/450 Kilometer Per Jam, Compressibility Error dapa di abaikan. Tetapi pada Kecepatan tinggi harus diperhitungkan. 
Istilah – istilah pada airspeed indicator (ASI) di antaranya Adalah : 
1) Indicated Airspeed:
         Adalah besarnya kecepatan yang ditunjukkan oleh jarum pada Airspeed Indicator. 
2) Calibrated Airspeed:
          Adalah Indicated Airspeed yang sudah dikoreksi terhadap kesalahan–kesalahan           Indicator dan kesalahan kedudukan/Position Error.
          3) Equivalent Air Speed.
                    Adalah calibrated air speed yang sudah dikoreksi terhadap compressibility.
4) True Air Speed
         Adalah equivalent air speed yang sudah dikoreksi terhadap kepadatan udara dan           suhu.

Komentar

  1. Do you realize there is a 12 word phrase you can communicate to your crush... that will trigger intense emotions of love and impulsive appeal to you deep within his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, idolize and protect you with all his heart...

    ====> 12 Words Who Fuel A Man's Desire Impulse

    This instinct is so built-in to a man's brain that it will make him work harder than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    Matter of fact, fueling this powerful instinct is so mandatory to having the best possible relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly notice him open his heart and soul to you in such a way he never experienced before and he'll distinguish you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vertical Speed Indicator (VSI)

Pitot Static System

TINTA CETAK ROTOGRAVURE