Altimeter Indicator


 Altimeter Indicator
Hasil gambar untuk Altimeter IndicatorAltimeter adalah suatu instrumen yang dipakai untuk mengetahui ketinggian pesawat terbang terhadap suatu landasan atau tinggi pesawat terhadap permukaan laut
      Altimeter Indicator menggunakan Pitot Static System sebagai sumber tenaga penggeraknya. Penunjukkan pada Indicator menggunakan satuan “FEET”. Altimeter Indicator juga dikenal dengan nama Barometer Indicator atau Pressure Altimeter. Pembacaan Indicator ini terpengaruh juga oleh perubahan tekanan di tanah yang disebabkan karena perubahan-perubahan keadaan atmosfir angkasa meliputi Tekanan, Temperature dan Kelembaban Udara / Humidity.       Sebagaimana diketahui bahwa udara di permukaan bumi lebih padat daripada udara di atasnya. Apabila ketinggiannya makin bertambah maka tekanan udaranya makin berkurang. Karena gas memuai bila tekanan berkurang, maka jumlah bagian-bagian udara pada kesatuan isi juga berkurang. Dengan pengertian lain berat jenis udara menjadi kecil atau kepadatannya menjadi tipis. Tekanan udara yang berbeda-beda pada ketinggian yang berlainan ini dipakai pada Altimeter untuk menunjukkan perubahan ketinggian.
 Cara Kerja Dan Konstruksi Altimeter Indicator.
  •      Mekanisme di dalam Altimeter Indicator terdiri dari 2 atau 3 buah kapsul logam yang hampa udara. Mengembang dan mengempisnya kapsul  hanya karena “ tekanan static “ saja
  •           Mekanisme ini terpasang di dalam rumah Indicator yang kedap udara / Air Tight.
  •     Indicator dihubungkan dengan udara luar/Atmosfir melalui lubang static (Static Head  / Static Vent ).
    Hasil gambar untuk Altimeter Indicator
  1.      Kapsul yang terdapat didalam rumah Indicator akan  “mengembang“ bila pesawat “naik“ . Hal ini disebabkan karena tekanan di dalam kapsul “lebih besar“  dari tekanan static.
  2.       Kapsul yang terdapat didalam rumah Indicator akan “mengkerut“ bila pesawat “turun“. Hal ini disebabkan karena tekanan didalam kapsul “lebih kecil“ dari tekanan static.
  3.       Mengembang dan mengkerutnya kapsul ini diteruskan melalui sebuah tuas/ tangkai. Tuas/tangkai ini pada satu ujungnya dihubungkan pada Rocking Shaft/poros bergigi sehingga berputar. Rocking Shaft/poros bergigi ini memutar Gear–Gear yang di hubungkan dengan 3 (tiga) buah jarum penunjuk /Pointer.
  4.       Jarum penunjuk /Pointer akan diam bila terjadi keseimbangan tekanan udara didalam kapsul dan didalam rumah Indicator.
  • Sebuah jendela kecil pada sisi sebelah kanan skala penunjukkan terlihat skala Barometrik dalam satuan Inch Hg atau Milibar yang dihubungkan dengan roda – roda gigi ke tombol pengatur/ Zerro setting Knob.
Cara Membaca Altimeter Indicator 
         Altimeter Indicator dilengkapi dengan 3 (tiga) buah jarum penujuk / Pointer
  1. Jarum panjang menunjukkan ratusan feet, jarum pendek ribuan feet dan jarum panjan dengan segitiga di ujungnya menunjukkan puluhan ribu feet.
  2. 1X putaran jarum panjang sama dengan 1000 feet.
  3. 1 X putaran jarum pendek sama dengan 10.000 feet.
Kesalahan – Kesalahan Pada Altimeter Indicator, yaitu : 
 1. Instrument Error :
           Adalah kesalahan yang disebabkan oleh usia / umur dari Indicator yang menyebabkan berkurangnya elastisitas peralatan penggerak dalam Indicator. Besarnya kesalahan tidak boleh melebihi + 30 atau – 45 Feet pada permukaan laut. 
2. Position Error / Installation Error :
           Adalah kesalahan yang disebabkan oleh karena Pitot Tube tidak menghadap penuh ke arah Air Flow / aliran udara, dan tekanan dinamis yang memasuki Static Head / Static Vent. (Ingat Pelajaran Cara Penempatan Pitot Tube). 
3. Lag Error / Hysterisis Error :
          Adalah kesalahan yang disebabkan oleh karena terlambatnya tekanan dalam rumah Indicator untuk menyesuaikan diri dengan tekanan atmosfir. Kesalahan ini terutama terjadi bila pesawat menukik atau menanjak dengan tajam.
Jenis – Jenis Ketinggian / Altitude
  • Indicated Altitude : Adalah tinggi yang dibaca dari Altimeter Indicator.
  • Pressure Altitude : Adalah tinggi yang dibaca pada Altimeter Indicator apabila skala Barometric di set pada 29, 92 inch Hg atau 1013,25 Milibar.
  • True Altitude : Adalah tinggi pesawat terhadap permukaan laut / Sea Level.
  • Absolute Altitude : Adalah tinggi pesawat terhadap suatu landasan / dataran.

Komentar

  1. As claimed by Stanford Medical, It is indeed the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years longer and weigh 42 pounds lighter than we do.

    (And by the way, it has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING related to "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "WHAT"...

    TAP on this link to find out if this little quiz can help you find out your true weight loss potential

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vertical Speed Indicator (VSI)

Pitot Static System

SEJARAH PERCETAKAN ROTOGRAVURE