Oil Pressure Indicator

Oil Pressure Indicator

Oil pressure indicator diperlukan untuk mengetahui besarnya tekanan minyak pelumas/Oil Pressure yang dipergunakan untuk melumasi bantalan-bantalan/Bearings dan bagian-bagian mesin yang bergerak pada saat mesin bekerja/berputar.
Pengukuran tekanan oli dilakukan dengan menggunakan bourdon tube yang dihubungkan dengan pipa kecil terbuat dari logam.
Skala penunjukkan pada Indicator menggunakan satuan Pounds Per Square Inch/PSI dan ada juga yang menggunakan satuan Kg/cm2.
    Melalui peralatan-peralatan di dalam Indicator (Bourdon Tube, Roda Gigi/Pinion, Pengukur Sudut/Sector dll) yang dipergunakan untuk menggerakkan jarum penunjukkan/Pointer, dapat diketahui besarnya tekanan minyak pelumas/Engine Oil dalam mesin yang sedang bekerja.
         Jika tekanan oli mengalami penurunan dan penambahan yang disebabkan karena pressure regulator membuka dan menutup sehingga pointer pada indikator bergetar, untuk menghindarinya digunakan alat yaitu orifice.Orifice berfungsi sebagai restrictor dan mencegah hilangnya oli jika terjadi kebocoran.
          Orifice ini merupakan suatu lobang kecil yang berfungsi sebagai restrictor. Apabila tekanan dalam sistem bergetar maka orifice ini akan merendam getaran tersebut, sehingga tekanan oli yang masuk ke dalam Bourdon tube tidak mengalami getaran. Selain mencegah penunjukan yang bergetar, orifice ini juga dimaksudkan untuk mencegah terlalu banyaknya oli yang hilang apabila terjadi kebocoran pada indikatornya.
Untuk mengetahui apakah indicator ini masih baik atau tidak, maka perlu dikalibrasi penunjukannya, yaitu dengan mempergunakan DEAD WEIGHT TESTER.

Komentar

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160 000 women and men are utilizing a simple and SECRET "liquid hack" to burn 2 lbs every night as they sleep.

    It's painless and works on anybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Go get a clear glass and fill it half the way

    2) Then follow this weight loss hack

    and become 2 lbs lighter when you wake up!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vertical Speed Indicator (VSI)

Pitot Static System

TINTA CETAK ROTOGRAVURE