AUXILLIARY INSTRUMEN

INSTRUMEN TAMBAHAN/INSTRUMEN BANTU
(AUXILLIARY INSTRUMENT/MISCELLANEOUS INSTRUMENT)

Auxilliary/Miscellaneous Instrument adalah peralatan didalam sebuah pesawat terbang yang dipergunakan untuk mengetahui keadaan/kerja peralatan-pertalatan lain/tambahan yang tidak termasuk dalam Engine Instrument, Flight Instrument dan Navigation Instrument.
Auxilliary                 :  Peralatan bantu
Miscellaneous        :  Rupa-rupa, Jenis-jenis.
Auxilliary/peralatan bantu/instrument tambahan ini dimaksudkan untuk memberikan indikasi/ petunjuk kepada Pilot atau Aircrew yang lain agar dapat mengetahui keadaan pesawat secara lebih pasti pada waktu menerbangkan pesawatnya, sehingga akan lebih menjamin keselamatan penerbangan dan juga terbang yang lebih menyenangkan.
Macam-macam instrumen tambahan pada sebuah pesawat terbang antara lain  :
a.    Pengukur Besarnya Gaya Tarik Bumi/Accelerometer / “G” Meter.
b.    Smoke Detector

1.    Pengukur Besarnya Gaya Tarik Bumi/Accelerometer / “G” Meter
Untuk mengetahui/menunjukkan besarnya gaya tarik bumi/”G” meter yang diterima/dialami oleh pesawat terbang selama dalam penerbangannya, baik “G” positip maupun “G” negatip. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena struktur pesawat terbang/Aircraft Structure memiliki kemampuan terbatas dalam menerima beban gaya tarik bumi/Gravitasi.
            Sebagai komponen dasar dari suatu accelerometer adalah sebuah pemberat sebagai massa dan dua buah per (spring) yang sudah dikalibrasikan sehingga membuat massa akan seimbang dalam keadaan statis.
            Jika keadaan akselerasi vertical yang terjadi akibat maneuver pesawat, gust atau turbulen udara mengakibatkan massa akan bergerak sehingga merubah tensi per hingga seimbang dengan gaya yang terjadi. Hal ini akan menghasilkan perubahan penunjukan.

2.    Smoke Detector.
Untuk mengetahui/memberikan indikasi yang lebih dini apabila terjadi kebakaran pada ruang mesin, bagasi dan juga di dalam ruangan-ruangan yang mungkin terjadi kebakaran.
Salah satu jenis smoke detector yang banyak dipakai adalah jenis photo electric. Tipe ini terdiri dari sebuah photoelectric cell, sebuah beacon lamp, sebuah test lamp dan sebuah light trap, kesemuanya terpasang pada sebuah labyrinth.

Apabila terdapat akumulasi asap sebanyak 10% pada udara setempat, akan mengakibatkan arus listrik mengalir pada photoelectric cell. Apabila asp tersebut telah mengaktifkan photo electric, maka signal akan dikirimkan ke amplifier dan amplifier tersebut akan menyalakan lampu peringatan dan membunyikan bell

Komentar

  1. Did you hear there's a 12 word sentence you can say to your partner... that will induce deep emotions of love and impulsive appeal to you deep within his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, idolize and care for you with his entire heart...

    =====> 12 Words That Fuel A Man's Love Response

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will make him try harder than ever before to do his best at looking after your relationship.

    In fact, triggering this all-powerful instinct is so mandatory to achieving the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll immediately notice him expose his heart and mind for you in such a way he haven't experienced before and he will identify you as the only woman in the galaxy who has ever truly interested him.

    BalasHapus
  2. As stated by Stanford Medical, It's in fact the ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh on average 19 KG less than we do.

    (Just so you know, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret diet and really, EVERYTHING to do with "HOW" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", not "WHAT"...

    Tap on this link to determine if this quick test can help you find out your real weight loss potential

    BalasHapus
  3. According to Stanford Medical, It's in fact the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years longer and weigh an average of 42 lbs less than we do.

    (And actually, it really has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING around "HOW" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "what"...

    TAP on this link to uncover if this little questionnaire can help you release your true weight loss possibility

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vertical Speed Indicator (VSI)

Pitot Static System

TINTA CETAK ROTOGRAVURE