Tachometer Indicator

Tachometer Indicator

Hasil gambar untuk TACHOMETER INDICATOR
         Tachometer diperlukan untuk mengetahui/menunjukkan kecepatan berputar poros engkol (crankshaft) pada motor piston dan kecepatan rotor utama (main motor) pada motor turbin. Skala penunjukannya pada motor piston dihitung dalam satuan“Putaran Per Menit/Rotation Per Minute (RPM)”. Sedangkan skala penunjukan pada motor turbin dihitung dalam satuan “Presentase RPM/% RPM” .
                Pengukur Putaran Mesin Tachometer Indicator terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu  :

  1. Pengukur Putaran Mekanik/Mechanical Tachometer Indicator.
  1. Pengukur Putaran Listrik/Electrical Tachometer Indicator.
             Yang termasuk Pengukur Putaran Mekanik/Mechanical Tachometer Indicator adalah :
1)    Centrifugal Type Tachometer Indicator:Ø Indicator jenis ini bekerjanya menggunakan sistem Centrifugal/Gaya Memusat.Ø Hubungan antara Mesin/Engine dengan Indicator di Cockpit menggunakan Flexible Cable.Ø Indicator akan bekerja bila mesin/Engine telah bekerja.(Bila mesin telah bekerja, maka putaran mesin diteruskan melalui Flexible Cable untuk menggerakkan mekanisme dalam Indicator.2)    Centrifugal Type Tachometer Indicator:Ø Indicator jenis ini bekerjanya menggunakan Permanent Magnet yang langsung diputar oleh Flexible Cable sesuai dengan putaran mesin.
Ø Menggunakan Flexible Cable.
Ø Bila mesin telah berputar, maka Permanent Magnet yang di hubungkan dengan Flexible Cable pada Indicator akan berputar sama dengan putaran mesin.
Yang Termasuk Pengukur Putaran Listrik /Electrical Tachometer Indicator adalah:1.    DC Tachometer System (menggunakan DC Generator). Gambar terkait            
       Sistem ini menggunakan sebuah D.C generator yang sederhana diputar oleh engine, dimana arus listrik yang dihasilkan diteruskan ke suatu voltmeter yangsudah di kalibrasikan menjadi skala RPM di cockpit dengan menggunakan kabel-kabel listrik.      2.   AC Tachometer System (Menggunakan Alternator).           Tachometer yang banyak dan umum dipakai untuk penunjukan engine RPM adalah dengan menggunakan alternator tiga phase yang diputar oleh engine untuk mendapatkan arus A.C. tiga phase dimana frequensinya ditentukan oleh besarnya engine RPM.Hasil gambar untuk AC Tachometer System (Menggunakan Alternator).

Komentar

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160k women and men are hacking their diet with a simple and secret "liquid hack" to drop 1-2 lbs each and every night as they sleep.

    It is simple and it works with anybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Hold a clear glass and fill it with water half full

    2) And then do this proven HACK

    so you'll be 1-2 lbs thinner when you wake up!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vertical Speed Indicator (VSI)

Pitot Static System

TINTA CETAK ROTOGRAVURE